Cara Membuat Sepatu Kets Anti Air yang Mudah dan Praktis

Bagi para pecinta sepatu, merawat sepatu sangatlah penting. Pentingnya perawatan sepatu yaitu untuk membuat sepatu menjadi lebih awet dan tahan lama. Salah satu perawatan yang penting dilakukan oleh para pecinta sepatu yaitu melakukan perawatan supaya sepatu kets anti air. Sepatu terbuat dari bahan-bahan yang berbeda. Mulai dari kanvas, sintetis, kulit dan sebagainya. Setiap bahan juga memiliki keunggulan masing-masing. Salah satunya yaitu terbuat dari bahan yang waterproof. Namun, tidak semua bahan sepatu memiliki fitur berupa anti air sehingga Anda harus melakukan perawatan sepatu menggunakan beberapa cara. Berikut ini adalah cara-cara untuk merawat sepatu sehingga menjadi anti air.

Sepatu Kets Menjadi Tahan Air Menggunakan Cara-Cara Ini

sepatu kets

  • Menggunakan Semir yang Mengandung Beeswax

Salah satu cara untuk membuat sepatu Anda menjadi tahan air yaitu menggunakan semir yang mengandung beeswax ke semua permukaan sepatu. Beeswax memang sudah terkenal memiliki fungsi lain selain untuk kecantikan yaitu digunakan sebagai semir sepatu yang ampuh sehingga sepatu menjadi tahan air. Terlebih lagi, untuk mencari semir sepatu yang mengandug bahan berupa beeswax sudah sangatlah mudah. Anda bisa membeli di pasaran dengan harga yang terjangkau.

  • Menggunakan Petroleum Jelly

Petroleum jelly merupakan salah satu bahan yang sudah terkenal ampuh untuk menahan air pada suatu benda. Misalnya saja sepatu kets Anda. Petroleum jelly juga bisa digunakan sebagai semir pada sepatu jenis pantofel atau sepatu-sepatu berbahan kulit. Cara penggunaannya juga cukup mudah karena Anda hanya perlu mengoleskan petroleum jelly ke sepatu Anda. Kemudian, Anda bisa lakukan test dengan menyiramkan air ke permukaan sepatu yang sudah diolesi dengan petroleum jelly. Bagi Anda yang merasa kesulitan untuk mencari petroleum jelly, saat ini sudah sangat mudah. Anda bisa mencari produk yang satu ini dipasaran baik secara online maupun offline.

  • Menggunakan Lilin
Baca Juga :  Model Kebaya Terbaru yang Cocok untuk Wisuda

Selain menggunakan cara-cara diatas, Anda bisa menggunakan bahan yang ada disekitar dan mudah ditemukan. Salah satunya adalah lilin. Lilin banyak digunakan sebagai semir untuk membuat sepatu menjadi tahan air. Cara pengaplikasiannya yaitu dengan mengoleskan lilin ke sepatu yang telah dibersihkan. Selanjutnya, keringkan permukaan menggunakan hair dryer. Proses pengeringan ini bertujuan untuk membuat lilin menyerap dengan baik ke dalam sepatu. Sehingga sepatu kets sudah menjadi anti air.

  • Menggunakan Cairan Waterproof Spray

Saat ini, cairan waterproof spray sudah banyak sekali ditemukan di beberapa pasaran. Cairan ini berfungsi untuk membuat sepatu anti air. Cara pengaplikasiannya yang mudah dan sederhana, membuat siapa saja bisa merawat sepatu menggunakan cairan ini dengan baik. Anda bisa langsung menyemprotkan cairan ini ke seluruh permukaan sepatu dan tunggu hingga kurang lebih 20 menit. Setelah 20 menit, maka sepatu sudah bisa langsung digunakan dan tak perlu khawatir saat terkena cipratan air.

  • Menggunakan Pelindung Sepatu

Bagi para pengelana backpackeran pasti sudah tidak asing lagi dnegan pelindung sepatu yang sering disebut dengan gaiters. Gaiters merupakan pelindung sepatu yang sangat praktis. Karena Anda bisa membawa pelindung ini kemanapun, dimanapun dan kapanpun. Gaiters banyak digunakan oleh orang-orang yang memiliki hobi berpetualang dan mendaki gunung. Peralatan seperti pelindung sepatu sangatlah perlu untuk dibawa. Hal ini bertujuan untuk membuat sepatu selalu kering dan nyaman dipakai.

Itulah beberapa cara untuk membuat sepatu anti air. Merawat sepatu sangatlah penting karena bisa membuat sepatu menjadi lebih awet dan bertahan hingga kurun waktu yang lama.